Rabu, 24 April 2013

Kendala Beternak Blackthorat


Buat pecinta BT ini kisah dari rekan-rekan Kicaumania(KM) kendala-kendala ternak BT, kebetulan Sabtu dan Minggu sempet kumpul-kumpul beberapa pecinta BT, nah ini kisah yang saya rangkum kendala-kendala yang dialami bagi peternak BT.
1. Susah Penjodohan Dari beberapa kasus BT termasuk yg paling susah di jodohkan,bahkan dari pengalamn rekan Km ada yg sampai 3 bln padahal kondisi sdh cukup umur. Nah dari pengalaman rekan Km yg telah berhasil dng mudah menjodohkan BT cukup 1-2mg saja caranya buat kandang kusus penjodohan dng kondisi dua kandang di jadikan satu,tangkringan harus sejajar,satukan brg yg mau di jodohkan hanya di batasi sekat jeruji,paling lama 1-2mg sdh jodoh & langsung bisa di satukan.

2. Indukan sering membuang telor
Penanganannya begitu ketahuan BT sdh bertelor angkat pejantan,biarkan betina merawat telor sendiri dan ungsikan/tempatkan BT betina tsb di tempat yg sepi/tidak tercampur dng pasangan yg lain kalo bisa tidak melihat sama sekali pejantan/suaranya .
3. Suka mengaduk2 Sarang
Siapakan du sarang sekali gus dlm satu kandang untuk memberikan kesibukan pd pejantan karena ada pejantan yg suka ngacak2 sarang bisa lihat Bt betina ngeram,nah kalo ada dua sarang dlm satu kandang pengalaman dari beberapa rekan mampu mengalihkan perhatian sehingga tdk mengganggu BT mengeram.

4.Tidak mau mengerami telorKalo sdh kelihatan kawin segera angkat BT jantan N kurangi pemberian EF(telor) perbanyak sayuran,untuk mengurangi timbulnya birahi susulan dng cara ini banyak yg sudah berhasil.

5. Mematuk Telor
Sediakan selalu dlm kandang Sotong kering/grit banyak kasus makan telor sendiri karena kekurangan kalcium.

6. Tidak mau meloloh
Hampir sama dng kasus no 2(dua) BT ini sama sekali ga mau di ganggu.

7. Pejantan makan anakan
Nah ini mungkin hal baru belum banyak di ketahui rekan2,ternyata BT mempunyai sifat kanibal yg lumayan besar terbukti dari pengakuan rekan2 penangkar BT pernah mengalami hal semacam ini.
Solusinya segera ungsikan BT jantan dari indukan yg sedang bawa anak perbanyak pemberian telor puyuh,jg bubur bayi kering/biscuit di kremes2.

8. Pemangsa dari luar(predator) spt CICAK,KODOK,TIKUS,TOKEK,SEMUT.
Inilah musuh2 trotolan BT,gunakan kandang yg berbahan strimin/model jala dari kawat/almunium yg tidak memungkinkan hewan2 tsbt masuk,jangan memakai kandang berbahan bambu/kayu, cicak/tikus msh mudah menjangkau.
kusus semut jangan di tempelkan di tembok/klo sampai menempel sekeliling kandang tsb di beri kapur anti semut/bila kandang berdiri kaki2 kandang di kasih tatakan di beri oli.

Nah itu salah satu kendala2 ternak BT dari obrolan rekan2 KM minggu kemarin nati akan bersambung ...mudah2an bermanfaat bagi rekan2 yg ingin membiakan BT,semua kupasan di atas pengalaman yg pernah di alami rekan2 KM pecinta BT.
Lanjut kembali...

BT Jantan sering mati di sarang
Akibat terjerat sarang karena kebiasaan BT jantan yg suka mengaduk2 sarang.
Penanganannya carilah bahan sarang yg lembut spt serat nanas/serat buah kelapa TAPI...harus di potong2 kira2 5-10cm panjangnya ,jadi klo beli sarang sdh jadi bulatan potong sarang jadi 4-5 bagian kemudian baru di tempatkan dlm wadah sarang.

BT ga mau nelor di sarang.
Ganti bahan sarang / cuci sarang bersih2 karena ada beberapa kasus Bt klo sarang kotor/bau sesuatu yg ga lazim ga mau menempati sarang.
Juga sarang yg terlalu keras(daun cemara tdk cocok untuk BT).
Wadah sarang usahakan membentuk kantong semar,krn ada betina yg ga mau terlihat sama sekali.
Tutup kiri kanan,belakang sarang biar tdk terlihat hanya bag depan yg terbuka.

BT sdh jodoh ga nelor2
Usahakan klo di tangkar jng sering2 di mandikan biarkan saja BT mandi sendiri dari wadah minum.
Buatlah / paksakan agar birahi bisa timbul bersama2 caranya selain pemberian EF yg memadai ada cara jitu untuk mendongkrak birahi ...dengan pemberian PROBIOTIK salah satu contoh yg biasa di gunakan rekan2 yaitu super breding.

BT ngeram sering keluar2 sarang (shg telor gagal netas)
Usahakan penempatan / susunan kandang jangan berhadapan tapi se arah menyamping kiri/kanan TAPI sisi kiri/kanan jg belakan harus tertutup agar pasangan2 tsb tdk saling lihat,hanya bag depan saja yg kelihatan .

Nah sementara itu dulu tambahannya nanti klo ada masukan dari rekan2 saya tambahkan kembali / silahkan para SENIOR,PAKAR untuk menambahkan atau koreksi,karena bahasan di atas itu dasarnya dari pengalaman aja beberapa rekan penangkar BT.
Sumber :
Ndoro Agung
Moderator Kicaumania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar